PAUD 2009


sumber: http://www.diknas.go.id/headline.php?id=349
PAUD Tentukan Kualitas SDM
15-05-2009 11:02:40 | Dibaca : 63

WONOGIRI – Direktur PAUD Departemen Pendidikan (Depdiknas) Dr Sudjarwo MSc menyatakan pendidikan anak usia dini (PAUD) berperan penting dalam menentukan pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Dia menyatakan hal itu, Rabu (13/5), saat kunjungan kerja ke Wonogiri.

Saat itu dia menyerahkan 60 orang peserta pelatihan kerja tingkat nasional yang akan kerja lapangan di Wonogiri. Mereka dari 16 kabupaten di enam provinsi Indonesia, yakni NTB, Kalimantan Barat, Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Wonogiri dipilih karena perkembangan PAUD-nya terpesat di Indonesia. Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri Drs H Suparno MPd menyatakan tahun 2005 Wonogiri hanya memiliki 42 PAUD dengan peserta didik 928 orang. Namun tahun ini, sudah ada 219 lembaga PAUD dengan peserta didik 5.557 orang.

Sudjarwo menyatakan pelayanan pendidikan anak usia dini di Indonesia baru mencapai sekitar 21 juta anak. Lembaga PAUD baru 182.201. Bantuan pemerintah baru 25% dari kebutuhan Rp 5 triliun. Diproyeksikan, tahun 2010 pelayanan pendidikan pada anak usia dini mencapai 58,7%.

Berdasar hasil penelitian di negara maju, seperti AS dan negara-negara Eropa, perhatian terhadap anak usia dini dinilai penting. “Bahkan anak dididik sejak di dalam kandungan,” katanya.
Masa Emas
Karena itu, ujar dia, sangat keliru bila masih ada orang berpendapat PAUD tak penting. Dia mengingatkan perkembangan anak sampai usia delapan tahun merupakan masa emas pertumbuhan. Anak-anak harus diberi pendidikan yang baik dan betul.

“Jangan beri tekanan mental yang berdampak negatif terhadap perkembangan jiwa anak pada masa datang,” ujar dia.

Pembelajaran anak usia dini harus menggunakan pendekatan holistik, demokratis, bebas, tanpa tekanan. Jadi, kata dia, kelak tumbuh insan yang cerdas, kreatif, inovatif, dan kompetitif.

Maka, PAUD harus disikapi secara arif bijaksana. “Jangan sampai berkonflik dengan TK,” ujar dia.(P27-53) -suara merdeka-

Untuk pengaduan dan informasi lain dapat anda kirimkan melalui:

SMS : 0811-976-929
Fax : 021-5703337
Telp : 021-5707303
Surat : PO.BOX 4490
E-mail : aspirasi@diknas.go.id

Gamabr: Koleksi PG/TKIT Insani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s