Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) Riau

sumber: http://bikkb.riau.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=4941&Itemid=1

671 GURU MENGIKUTI PLPG Print
Rabu, 19 November 2008 | 15:34 WIB

Sebanyak 671 guru yang ikut Sertifikasi tahun 2008 ini namun dinyatakan tidak lulus melalui penilaian Portofolio, saat ini tengah mengikuti Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) Angkatan Pertama, PLPG ini dimulai pada tanggal 10 November lalu dan akan berakhir pada tanggal 21 November mendatang.

“Bagi guru-guru yang belum memenuhi standar nilai kelulusan pada penilaian Portofolio dalam proses Sertifikasi guru diwajibkan mengikuti PLPG, dan saat ini tengah dilaksanakan PLPG angkatan pertama di lima tempat yang diantaranya adalah di LPMP, wisma PGRI, dan Hotel Asean, jumlah guru yang mengikutinya adalah sebanyak 671 orang,” sebut penanggung jawab Sertifikasi guru Riau-Kepulauan Riau (Kepri) 2008 Drs Isjoni Msi kepada ragam info dikantornya rabu (19/11).

Isjoni menyebutkan, pada Sertifikasi guru tahun ini dari 3.763 Portofolio peserta yang dinilai Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK), 778 dinyatakan lulus, dan selebihnya akan atau harus mengikuti PLPG. PLPG ini akan dilaksanakan dalam empat angkatan, dan dijadwalkan hingga akhir Desember tahun ini seluruhnya bisa terlaksana.

Ia mengatakan, dalam pelatihan tersebut guru akan menerima materi-materi seperti tentang kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi pedagogik dan kompetensi esismen dan penilaian. “PLPG ini dilaksanakan guna memenuhi atau mencukupkan nilai bagi para guru yang ikut Sertifikasi untuk bisa dinyatakan lulus,” ujarnya.

Akan banyak manfaat yang bisa diperoleh para guru jika mengikuti PLPG, wawasan dan pengetahuan mereka dibidang pembelajaran akan ditingkatkan, para guru yang telah mengikuti PLPG ini juga bisa melakukan pelatihan bagi guru-guru lainnya disekolah dia mengajar.

“Dalam PLPG ini mereka juga mempraktekkan bagaimana cara mengajar, mereka harus mengajar didepan para peserta lainnya. Mereka diajarkan materi penindakan kelas antara lain cara membuat karya ilmiah, modul dan penelitian lainnya. Inikan sangat bermanfaat, jadi saya mengharapkan PLPG ini bisa diikuti para guru dengan serius, agar bisa bermanfaat,”tukasnya. (nikri)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s