AYO membuat TAMAN BACAAN

Ayo Membuat Taman Bacaan

Keinginan itu muncul kembali. Selama ini ruangan Playgroup banyak yang belum dimanfaatkan secara baik dan dalam sehari cuma 2-3 jam digunakan untuk kegiatan sekolah, selebihnya nganggur. Selain itu ada laporan dari kepala sekolah, para orang tua dan para pengasuh anak-anak playgroup lebih banyak “ngerumpi” selama nunggu anak-anaknya. Dulu timbul ide membuat ruang baca memanfaatkan ruang kosong yang ada. Koleksi buku cerita anak-anak dan majalah ibu-ibu sudah ada beberapa. Fikir-fikir kenapa gak diperbesar aja sekalian?

Googling tentang taman bacaan, dan browsing ke situs 1001buku http://www.1001buku.org/ yang selama ini memang sudah terdapftar. Akhirnya nemu juga beberapa link yang bisa dimanfaatkan untuk “hunting buku gratis”. “Penyakit” orang indonesia maunya yang gratisan melulušŸ˜¦ . Berikut beberapa pihak yang bisa diprospek :

Komnas HAM, tanggal 4-7 ngasih donasi buku-buku gratis dalam rangka hari HAM dunia infonya dapat dari milist 1001buku, sudah pesan via SMS ke temen belum ada berita.
MC D Indonesia (belum bergerak)
Bank Niaga (belum sempet browsing)
LAZIS Muhamadiyah
Blog seorang ibu baik hati yang ada di Inggris http://www.bukuuntukanakbangsa.blogspot.com/, sudah kirim pesan di shoutbox tapi belum direspon
Hero (belum di tindaklanjuti), ā€¦ kalau gak salah banyak temen2 alumni TIN di sini. :)) AHA!
Program Hibah sejuta buku Riau Pos
Dll.

Modal awal mungkin sarana sudah ada dan beberapa buku, tinggal sekarang menyusun proposal dan distribusi.

Modal lainnya ada ebook dari situs 1001buku yang bisa di download di www.1001buku.org/files/ebook_tba.dbf tentang pengembangan taman bacaan anak, tadi sudah diprint dan dikasih ke kepala sekolah.. lumayan lah dapat ilmu.

Pesan dari temen2 relawan “1001buku”, jalanin dulu baru minta buku :))

Ayo bergerak!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s