KTSP PAUD INSANI

MODEL

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

UNTUK

KELOMPOK BERMAIN ISLAM TERPADU

PLAYGROUP INSANI

Jl. Aski Aris No. 47 Rengat Riau 29311

Telp. 0769 323518 Email: anakyasin_foundation@yahoo.com

Web blog: http://www.hidayat-soeryana.blogspot.com

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL

PUSAT KURIKULUM


KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

KELOMPOK BERMAIN ISLAM TERPADU

PLAYGROUP INSANI

I. PENDAHULUAN

A. Rasional

Pemberlakuan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah menuntut pelaksanaan otonomi daerah dan wawasan demokrasi dalam penyelenggaraan pendidikan. Pengelolaan pendidikan yang semula bersifat sentralistik berubah menjadi desentralistik. Desentralisasi pengelolaan pendidikan dengan diberikannya wewenang kepada sekolah untuk menyusun kurikulumnya mengacu pada Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu pasal 3 tentang fungsi dan tujuan pendidikan nasional dan pasal 35 tentang standar nasional pendidikan. Juga adanya tuntutan globalisasi dalam bidang pendidikan yang memacu agar hasil pendidikan nasional dapat bersaiang dengan hasil pendidikan negara-negara maju.

Desentralisasi pengelolaan pendidikan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kondisi daerah perlu segera dilaksanakan. Bentuk nyata dari desentralisasi pengelolaan pendidikan ini adalah diberikannya kewenangan kepada sekolah untuk mengambil keputusan berkenaan dengan pengelolaan pendidikan, seperti dalam pengelolaan kurikulum, baik dalam penyusunannya maupun pelaksanaannya di sekolah.

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

Pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk : (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

Kewenangan sekolah dalam menyusun kurikulum memungkinkan sekolah menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, dan kondisi daerah. Dengan demikian, daerah dan atau sekolah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan hal-hal yang akan diajarkan, pengelolaan pengalaman belajar, cara mengajar, dan menilai keberhasilan belajar mengajar

  1. Dasar Pemikiran, Visi dan Tujuan Sekolah

1. Dasar Pemikiran

Dan hendaklah takut (kepada ALLAH) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraannya)…(QS. An Nisaa’ : 09)

2. Visi

Menjadi lembaga pendidikan prasekolah yang mampu membentuk tunas-tunas muda Islam yang sehat, cerdas, kreatif dan bertaqwa.

3. Tujuan

· Pembentukan Aqidah yang benar (Salimul Aqidah)

· Membentuk perilaku dan akhlak yang mulia

· Membentuk keilmuan dan pengetahuan dasar anak.

· Membentuk visi dan jiwa sosial anak

· Mendidik anak mampu berkomunikasi dengan lancar dan percaya diri

· Membentuk dan mengembangkan jiwa keindahan, kreatifitas dan keterampilan anak

C. Pengertian

1. Kurikulum

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

2. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.

3. Silabus

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Contoh silabus terdapat pada lampiran

4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Contoh rencana pelaksanaan pembelajaran PLAYGROUP INSANI terdapat pada Lampiran

…………BERSAMBUNG

About these ads

36 responses to “KTSP PAUD INSANI

  1. wah..kenapa tidak ada sambungannya?
    padahal kalau ada sambungannya pasti sangat berguna karena hal ini yang terpenting sebagai bahan perbandingan dalam pembuatan model-model pembelajaran.
    Thanks.
    regard.
    Arita

  2. khansasulthana

    @Arita Tks kunjungannya. Perlu sambungannya nanti saya kirim

  3. kapan nih KTSP PAUD versi lengkapnya……
    kirim ke e-mailku donk..

  4. Saya berencana membuka tempat penitipan anak, kira kira peraturannya bisa saya lihat dimana dan apakah memang harus mengacu pada PAUD? Dan apakah ada kursus untuk itu? Tolong infonya, sebelumnya terima kasih

  5. tolong kelanjutannya di tampilkan kami butuh untuk perbaikan paud di jombang

  6. mohon kirim secepatnya.terimakasih.

  7. Salam kenal ya…saya adalah mahasiswa PLS (Pendidikan Luar Sekolah) di kota tasikmalaya. iya aduch sayanga banget ga da sambungannya… padahal sangat penting banget sebagai bahan referensi dan perbandingan di dunia pendidikan. kalau boleh saya ingin meminta sambungannya. terimakasih ya…

  8. pa saya minta silabus yang lengkap tuk PAUD.karena sekarang sangat butuh banget.kalau bisa dikirim ke email saya.trims

  9. asslm. terima kasih sekali atas informasinya, semoga dapat membantu mengembangkan pengetahuan kami dalam dunia pendidikan PAUD. mohon dikirimkan kelanjutan dari isi KTSP ini. terima kasih

  10. bagaimana saya bisa mendapatkan isi kurikulum paud secara utuh ? Mohon dikirim ke e-mail saya karena sangat saya butuhkan untuk mengembangkan Paud di desa saya agar pembelajarannya tidak ngawur. terimakasih

  11. Mohon dikirim kelanjutan KTSP ke email sy. Trmksh.

  12. sy harap file lengkapnya bisa dikirim ke email sy untuk perbnadingan…
    terima kasih kerjasama Bpk/Ibu…
    jazakumullah khoir….

  13. sy harap Bpk/Ibu bersedia mengirimkan file lengkapnya krn sgt berguna bagi kami sbg pembanding….
    jazakumullah khoir…

  14. saya jg tertarik dgn kelanjutan filenya….mohon dikirim file selengkapnya ke email saya…terimakasih….

  15. nina ratiningsih

    luar biasa sumbangsih anda ….. mohon kelanjutannya donk or kirim via japri. jazakallahu …

  16. mohon dikirimkan file sambungannya ..untuk bahan perbandingan karena g tahu ni kudu mulai dari mana…terimakasih

  17. Defi Kurniawati

    kalo punya SKH lengkap 1 tahun, mohon dikirim ke email saya, soalnya saya masih bingung tu.. gimana buatnya. ntar buat acuan SKH di PAUD ku. terimakasih

  18. sambungannya sangat diperlukan.tks ats infonya

  19. Lanjutannya ditunggu ya….

  20. kayak yang gak niat bagi-bagi ilmu

    • Tks Kunjungannya…walaupun saya tidak pernah ngundang anda…. masalah niat biar urusan saya dengan yang di atas. Kalo mau artikel lengkap sudah saya posting lama di sini tinggal masalah kecerdasan kitanya aja.

      Mudah-mudahan anda bisa lebih baik lagi dan lebih berani tidak sembunyi di dunia maya dengan alamat email abal-abal.
      Salam kenal
      Ii Hidayat Suryana
      Hidayat.soeryana@gmail.com
      08127617611
      Direktur PT. Tirta Sari Surya / Ketua Umum Yayasan Insani

  21. W3… syukron pak, bisa gak sambungannya kirim via email saya ,

  22. kok bersambung….???????

  23. Pembelajaran pada paud masih sangat sulit dipahami dengan baik, antara bagaimana sich sebenarnya cara mengajarkan calistung pada paud, kami mengajarkannya sambil bermain sesantai mungkin, akan tetapi tk-tk dan paud di sekitar mengajarkan calistung layaknya anak sd kelas awal dengan berbagai PR segala. Kalau tidak keberatan tolong dong bagi ilmunya bagaimana caranya mengajarkan CALISTUNG untuk paud. Terimakasih.

  24. waaaaaaaah………penasaran banget ama sambungannya, mau dong dikirimin juga, saya baru jadi guru paud, saya msh bingung bikin SKH…mohon bantuannya…makasih.

  25. boleh g klo 5nta SKH utk 1 taun…krim ke email sya…mksh

    • khansasulthana

      Maaf SKH lebih baik dibuat sendiri supaya lebih menguasai materi, terima kasih kunjungannya. Sukses selalu

  26. tolong dong sambungannya, karena mau buka TK baru, mudah-mudahan bisa bermanfaat

  27. makasih ya atas infonya tapi koq ga ad a sambungannya buat ktsp.nya tapi makasih atas infonya sangat bermanfaat sekali truz misalnya klo mau cari info seperti ini lagi ada blog atau alamat yang bisa di kunjungi tidak
    assalamualaikum wr wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s